Pemanfaatan Chrome books dalam Pembelajaran Inovatif

 


Pernahkah terpikir oleh kita memanfaatkan chrome book selain untuk asesmen siswa ?

 Sebagai guru dan kreator,  Penulis memiliki keterbatasan sarana dan prasarana dalam memanfaatkan IT. Penulis tidak memiliki laptop core i 5 keatas bahkan laptop biasa sekalipun.

 Tapi apakah keadaan ini membuat kegiatan terhambat

Pemerintah telah memberikan bantuan kepada sekolah - sekolah   untuk memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini, yakninya masa revolusi industri 4.0. yaitu seperangkat chrome book. 

Kebanyakan sekolah masih bingung untuk memanfaatkan chromebook selain untuk alat pelaksanaan asesmen maupun ujian akhir . Setelah siswa selesai ujian atau melaksanakan asesmen maka chromebook tidak lagi terpakai.

Melalui ilmu yang Penulis dapatkan dalam pelatihan Google master yang diadakan kemdikbud dan Refo , Penulis jadi paham ternyata banyak sekali manfaat dari chrome book dalam proses pembelajaran. 



l


Penulis telah melaksanakan praktik baik dengan memanfaatkan chrome books guna menunjang pembelajaran dikelas dimana siswa belajar bagaimana melihat materi  dan mengirim tugas di clasroom yang bisa di akses di chrome books, siswa pun bisa melaksanakan diskusi kelas dengan meet, chrome books membuat data terlindungi karena fitur terkunci nya yang hanya bisa diakses dengan akun id belajar , baik guru dan siswa

Dalam melaksanakan asesmen dengan chrome books, membuat ujian terlaksana murni, karena 1 chrome books dibuka dengan 1 akun siswa dalam ujian berbasis komputer. Chromebook bisa dimanfaatkan untuk menunjang dan mewujudkan pembelajaran inovatif dikelas . Guru dan siswa bisa manfaatkan  alat google workspace pada chromebook untuk pengetikan, penyimpanan, presentasi . 

Saat ini Penulis bahkan  memanfaatkannya sebagai editor dan streaming live. walaupun chromebook memiliki keterbatasan kemampuan dan kapasitas , penulis merasa terbantu. 

Dari hasil refleksi pemanfaatan chrome books melalui Google form yang diisi siswa bisa dirasakan chrome books memiliki kemudahan dan kecepatan menemukan informasi di google, memudahkan siswa belajar secara online, dengan fitur Google workspace yang lengkap . Drive nya pun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar yang bisa dibagi ke guru dan siswa dengan mudah. Dengan akses hanya lihat, hanya komentar dan editor siswa dan guru bisa mengatur bagaimana caranya ia memberikan akses filenya.

Penulis menyadari penggunaan chromebook untuk straming youtube tidak stabil, tapi apa boleh buat laptop yang bagus untuk membuat live streaming memang sangat mahal dan canggih. Namun pemanfaatan chrome boook untuk streaming youtube telah Penulis manfaatkan sampai sekarang , walau  ada sedikit gangguan , tapi Penulis bersyukur bisa memanfaatkannya untuk live streaming tentunya membantu Penulis jika melaksanakan webinar yang memiliki kapasitas melebihi kapasitas akun free yang berjumlah diatas 100.

Banyak sekali manfaat chrome book yang akan membantu guru memberikan pembelajaran bermanfaat dan terintegrasi dengan teknologi. termasuk untuk editor dan creator serta live streaming.

 Demikian sedikit tips pemanfaatan chromebook bagi penulis,  semoga bisa menginspirasi. 

salam dan bahagia


contoh hasil streaming youtube dengan chrome book : https://www.youtube.com/live/uxjzlyCGGxU?feature=share


u

Penulis : Yumelta Novita,S.Pd

Posting Komentar

0 Komentar