TUGAS DAN FUNGSI PIC DINAS DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU DI DINAS PENDIDIKAN
Tugas PIC pengelolaan kinerja di Dinas Pendidikan
- Menguatkan implementasi pengelolaan kinerja masing - masing setiap daerah. PIC bertugas memastikan implementasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah berjalan sesuai dengan kebijakan transformasi pendidikan yang berfokus pada peserta didik.. Dengan PIC pengelolaan kinerja , Dinas pendidikan dapat mengawasi dan mendampingi proses pengelolaan kinerja secara sistematis didaerah masing - masing.
- Menjaga sinergi antara kebijakan pusat dan lokal. Pic berperan sebagai penghubung utama antara kebijakan pusat yang dirancang di tingkat nasional dalam implementasinya ditingkat daerah. Untuk memastikan semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan kinerja guru dapat memahami dan melaksanakan tuganya dengan baik.
PIC Dinas teridiri dari 2 orang pegawai , yaitu :
- Kepala bidang ketenagaan / guru dan tenaga kependidikan
- Pegawai pengelolaan data & informasi di dinas pendidikan (operator)
Kepala bidang ketenagaan / guru dan tenaga kependidikan berperan memastikan implementasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di wilayahnya sesuai transformasi yang ada, dengan uraian tugas nya :
- Berkolaborasi dengan BKPSDM terkait pengaliran data , pemadanan data, pemenuhan hak guru serta KS berdasarkan data pengelolaan kinerja PMM
- Bertanggung jawab pada strategi plotting tim kerja kepala dinas dalam pengelolaan kinerja
- Mendampingi kepala dinas & PS dalam proses pembinaan dan pemantauan kinerja KS dari sisi substansi kebijakan.
- Terlibat pada implementasi strategi sosialisasi dan advokasi yang disusun oleh BPMP &B/BGP didaerah masing - masing .
- Berkolaborasi dan memanfaatkan sumber daya pendukung untuk advokasi pengelolaan kinerja di setiap tahapan.
Operator Dinas berperan menjadi narahubung terkait operasional teknis pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah . Dengan uraian tugasnya :
- Memahami langkah teknis untuk setiap tahapan pengelolaan kinerja
- Memastikan perbaikan dan pemadanan data kepegawaian guru, KS,PS termasuk data Unor SIASN, Dapodik, SIM Tendik dan lainnya.
- melakukan plotiting tim kerja di Sistemdik
- Memanfaatkan dasbord pemantauan kinerja PMM
- Bersama BGP menjadi narahubung utaman daerah terkait dengan pertanyaan dan kendala teknis pengelolaan kinerja guru dan KS
- Berkolaborasi dengan setiap sumber daya pendukung untuk advokasi pengelolaan kinerja di setiap tahapan
Rujukan .
Kementrian pendidikan , kebudayaan , riset dan teknologi (2024). Buku Saku Sinergi Implementasi Pengelolaan Kinerja
0 Komentar