Semua tindakan manusia memiliki tujuan tertentu. Semua yang dilakukan manusia merupakan usaha terbaik untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Ketika manusia mendapatkan apa yang ia inginkan, sebetulnya saat itu ia sedang memenuhi satu atau lebih dari satu kebutuhan dasar nya.
Menurut Dr. William Glasser dalam “Choice Theory”Kebutuhan manusia ada 5 jenis yaitu kebutuhan untuk bertahan hidup (survival), kasih sayang dan rasa diterima (love and belonging), kebebasan (freedom), kesenangan (fun), dan penguasaan (power).
a. Kebutuhan Bertahan Hidup
Kebutuhan bertahan hidup (survival) adalah kebutuhan bersifat fisiologis untuk bertahan hidup misalnya rumah, kesehatan, makanan, kebutuhan biologis sebagai bagian dari proses reproduksi , perasaan aman.
b. Kasih sayang dan Rasa Diterima (Kebutuhan untuk Diterima)
Kebutuhan ini adalah kebutuhan psikologis. Kebutuhan untuk disayangi dan diterima orang lain, kebutuhan ini meliputi kebutuhan akan hubungan dan koneksi sosial, kebutuhan untuk memberi dan menerima kasih sayang dan kebutuhan untuk merasa menjadi bagian dari suatu kelompok, keinginan untuk tetap terhubung dengan orang lain, seperti teman, keluarga, pasangan hidup, teman kerja, binatang peliharaan, dan kelompok dimana kita tergabung.
Anak-anak yang memiliki kebutuhan dasar kasih sayang dan rasa diterima yang tinggi biasanya ingin disukai dan diterima oleh lingkungannya. Mereka juga akrab dengan orang tuanya. Biasanya mereka belajar karena suka pada gurunya. Bagi mereka, teman sebaya sangatlah penting. Mereka juga biasanya suka bekerja dalam kelompok.
Contoh kasus Doni suka mengambil bekal temannya ketika di minta menjawab alasannya mengambil bekal temannya karena dia merasa senang temannya jadi memperhatikan dia. Ketika temannya melaporkan tindakannya itu pada gurunya, dan gurunya memberitahu orang tuanya, sehingga orang tuanya jadi memperhatikan dia, maka kebutuhan dasar yang sedang dipenuhi Doni adalah kebutuhan akan kasih sayang dan rasa diterima.
c. Penguasaan (Kebutuhan Pengakuan atas Kemampuan)
Kebutuhan seseorang dengan kekuatannya untuk mencapai sesuatu, menjadi kompeten, menjadi terampil, diakui atas prestasi dan keterampilan kita, didengarkan dan memiliki rasa harga diri. dan keinginan untuk meninggalkan pengaruh. Anak-anak yang memiliki kebutuhan dasar akan penguasaan yang tinggi ia ingin menjadi pemimpin, dan suka mengamati sebelum mencoba hal baru dan akan merasa kecewa jika melakukan sebuah kesalahan.
Contohnya seorang siswa yang suka menggangu temannya di kelas , ia merasa hebat karena temannya jadi takut dengan dia dan menuruti keinginannya, maka anak ini sedang berusaha mendapatkan pengakuan dari temannya sebagai pemimpin, diakui atas kemampuannya.
d. Kebebasan (Kebutuhan Akan Pilihan)
Kebutuhan akan kemandirian, otonomi, memiliki pilihan dan mampu mengendalikan arah hidup seseorang. Anak-anak dengan kebutuhan kebebasan yang tinggi menginginkan pilihan, mereka perlu banyak bergerak, suka mencoba-coba, tidak terlalu terpengaruh orang lain dan senang mencoba hal baru dan menarik.
e. Kesenangan (Kebutuhan untuk merasa senang)
Kebutuhan untuk mencari kesenangan, bermain, dan tertawa. Bayangkan hidup tanpa kenikmatan apa pun, betapa menyedihkan. Glasser menghubungkan kebutuhan akan kesenangan dengan belajar. Semua hewan dengan tingkat intelegensi tinggi (anjing, lumba-lumba, primata, dll) bermain. Saat mereka bermain, mereka mempelajari keterampilan hidup yang penting. Manusia tidak berbeda. Anak-anak dengan kebutuhan dasar kesenangan yang tinggi biasanya ingin menikmati apa yang dilakukan. Mereka juga bisa berkonsentrasi tinggi saat mengerjakan hal yang disenangi. Mereka suka permainan dan suka mengoleksi barang, suka bergurau, suka melucu dan juga menggemaskan. Bahkan saat mereka bertingkah laku buruk, mereka masih terlihat lucu.
Contoh seorang anak suka mengusili temannya untuk membuat ia senang dan tertawa
Sumber : Modul 1.4 Guru Penggerak
0 Komentar